Apa itu Social
Media Specialist?
Sederhananya,
seorang Social Media Specialist punya tanggung jawab dan kendali
untuk mengurus isi jejaring sosial milik perusahaan. Namun, pekerjaan mereka
nggak sesederhana meng-upload foto dan menambahkan caption di
dalamnya. Setiap pekerjaan dan konten yang dibuat oleh seorang SMS sebelumnya
harus direncanakan secara matang dan strategis. Mulai dari membuat content
plan, penempatan konten berbeda untuk media sosial yang berbeda, pemilihan
visual, kata-kata dan hashtag yang tepat, sampai menentukan waktu
publikasi agar konten bisa menjangkau target yang sebesar-besarnya dan efektif
memberi pengaruh yang diinginkan.
Selain itu
seorang SMS juga harus memikirkan bagaimana cara membuat brand awareness,
dan meningkatkan engagement di media sosial. Dalam praktek
kerjanya, Social Media Specialist akan melakukan berkoordinasi dengan
tim digital marketing untuk menentukan strategi media sosial yang tepat. Pekerjaan Social
Media Specialist berada pada pengawasan Social Media Manager. Mereka
akan me-review dan memberi masukan sebelum konten ditayangkan serta
mengevaluasi hasil yang sudah dilakukan SMS.
Seiring
perkembangannya, Social Media Specialist nggak cuma dibutuhkan oleh
perusahaan/organisasi aja, melainkan juga individu, terutama kalangan public
figure seperti politisi dan selebritis. Mereka berusaha membangun citra
dan popularitas publik, karena keduanya dianggap sebagai kunci kesuksesan dan
pertahanan karir. Oleh karena itu, peran Social Media Specialist dalam
memposisikan dan memanipulasi citra sang klien di hadapan warga net sangat
dibutuhkan.
Ragam
Tugas Social Media Specialist
Tanggung jawab
sehari-hari Social Media Specialist beragam dari mengamati tren media
sosial sampai membuat event dan kuis untuk menarik lebih banyak
pelanggan, atau tergantung kebutuhan perusahaan.
Umumnya, ada
beberapa tugas yang menjadi tanggung jawab seorang SMS, diantaranya:
1. Menganalisa dan mengevaluasi respon audiens di media sosial.
2. Berinteraksi dengan audiens di media sosial.
3. Membangun dan memperkuat identitas brand.
4. Merencanakan strategi event
5. Memelihara kredibilitas brand dan menjaga kepercayaan
pelanggan.
6. Membuat content plan media sosial yang sesuai dengan
tujuan dan identitas brand.
7. Membuat laporan perkembangan media sosial perusahaan.
8. Mengikuti perkembangan tren media sosial.
9. Memberikan arahan kepada tim desain terkait visual konten yang
sudah dibuat.
Skill yang
harus dimiliki Social Media Specialist
Buat kamu yang
tertarik menggeluti profesi ini ada beberapa skill dasar yang wajib kamu kuasai
dan kembangkan, diantaranya:
1. Kemampuan beradaptasi dan mengikuti tren
Selalu ada hal baru yang terjadi di kehidupan
masyarakat, terlebih di era internet sekarang ini segala informasi semakin
cepat dan mudah didapat.
Sebagai Social Media Specialist kamu
harus mengikuti setiap perkembangan informasi dan tren yang ada, bahkan sampai
ke penggunaan tools, aplikasi, praktik dan teknologi untuk menunjang kebutuhan
kerjamu. Kemampuan ini akan membantumu dalam menciptakan konten yang relevan.
2. Pemahaman estetika visual
Istilah menyatakan “visual speaks louder”
konten visual berbicara lebih banyak ke audiens dan cenderung lebih menarik
perhatian. Pasalnya, materi beriklan nggak cukup dilakukan dengan kata-kata
aja, tetapi juga membutuhkan presentasi visual yang mencuri perhatian di
berbagai media. Karenanya, penting bagi seorang Social Media Specialist memiliki
selera desain yang baik dan mampu menerjemahkannya menjadi konsep konten yang
menarik.
Ada baiknya kamu menguasai tools desain seperti
Photoshop, Corel Draw atau Adobe Ilustrator. Atau sekedar membuat konten
sederhana dari Canva, Giphy atau Adobe Spark yang bisa membantumu dalam
menghasilkan postingan yang menarik. Sering-seringlah melihat reverensi desain
di Pinterest, Ads of The World, Kreavi dan platform desain sejenis.
3. Kemampuan copywriting dan storytelling
Seorang Social Media Specialist juga
dianggap sebagai perantara pesan antara perusahaan ke audiens melalui media
sosial. Untuk menyempurnakan tugasnya, kamu harus memiliki skill dalam menulis
baik copywriting dan storytelling.
Kemampuan ini digunakan bukan cuma untuk
menciptakan caption atau bentuk komunikasi tertulis lainnya yang
mampu menarik audiens untuk merespon, tetapi juga untuk menyesuaikan gaya
bahasa dan penyampaian pesan yang tepat di berbagai platform media
sosial.
4. Pengetahuan dasar SEO
Pengetahuan SEO akan sangat membantu Social
Media Specialist dalam merancang strategi media sosial untuk membantu
menarik audiens lebih besar dan menciptakan action yang diinginkan
oleh perusahaan.
5. Manajemen waktu yang baik
Tugas Social Media Specialist sangat
beragam, seperti yang sudah dijelaskan di atas. Nggak menutup kemungkinan
seorang Social Media Specialist mengurus lebih dari 1 akun brand dan
belum lagi berbagai aset media sosial tiap brand-nya.
Tumpukan pekerjaan yang mengisi hari-hari
seorang SMS membuatnya perlu menerapkan manajemen yang baik. Kamu harus
pintar-pintar untuk membuat prioritas, pekerjaan mana yang harus didahulukan.
Bagaimana sudah
siap menjadi Social Media Specialist Yang Profesional?
Belajar Social
Media Specialist dengan 10 sesi intensif, 12 mini project, portofolio end to
end dan bimbingan karier.
Chat sekarang dan dapatkan harga spesial untuk 10 pendaftar pertama!