Pages

Jumat, 26 Agustus 2022

BoothCamp Digital Marketing Specialist



Mengapa Digital Marketing?

1.    Merupakan 10 Skill Paling Dicaridi LinkedIn

LinkedIn melaporkan, sepanjang 2020 Digital Marketing menjadi salah satu skill paling dicari perusahaan.

 

2.    Termasuk COL (Critical Occupation List)

Kemenko Perekonomian menyebutkan Digital Marketing adalah pekerjaan yang banyak dicari namun susah terisi.

 

3.    Potensi Besar Remote Work

Di berbagai portal pekerjaan, Digital Marketing menjadi profesi yang berpeluang besar untuk kerja remote.

BoothCamp Digital Marketing bersama SanberCode

a.    3 bulan kelas intensif dengan portofolio, program magang dan persiapan karier terbaik.

b.    Kurikulum berbasis industri

c.     2 Fullstack Digital Marketing Portofolio

d.    Akses materi dan rekaman selamanya

e.    Fokus pada praktik

f.      Program Coaching dan mentoring karier

g.    Personality and career assessment

h.    Dibantu Professional branding

i.      Konsultasi dengan tutor di luar jam kelas

j.      "Second Chance", ulang kelas GRATIS!

k.     Connecting the jobs

l.      Online-remote Internship program

Kurikulum Yang Di Pelajari

Digital Marketing Research

a.    Mempelajari definisi digital marketing dan perbedaannya dengan traditional marketing

b.    Tipe-tipe digital marketing

c.     Strategi marketing secara general

d.    Mengupas tuntas teori mengenai market research

e.    Primary information vs secondary information

f.      Mempelajari Google Trends, Similarweb, dan sebagainya

 

Organic Contents - Landing Page and Search Engine Optimization (SEO)

a.    Mengetahui konten-konten yang diperlukan untuk membuat landing page yang baik

b.    Melakukan riset SEO

c.     Membuat landing page

d.    Mengenal SEO On-Page dan Off-Page

e.    Mengoptimasi content marketing dengan SEO

f.      Mengembangkan konten organik media sosial menggunakan tools yang spesifik

 

Copywriting and Creative Design

a.    Mengetahui copywriting secara umum serta perbedaannya dengan content writing.

b.    Melakukan branding di media sosial sebagai hal mendasar dalam copywriting.

c.     Mempelajari framework copywriting (AIDA).

d.    Membuat konten Instagram dengan teknik copywriting.

e.    Membuat banner untuk konten atau iklan media sosial.

 

Paid Ads Foundation

a.    Mempelajari mengenai ads channel beserta masing-masing karakteristiknya

b.    Memahami workflow ad campaign manager, seperti riset, perencanaan media, implementasi, dan sebagainya

 

Video Marketing Basic

Mengetahui pentingnya video marketing dan channel yang dapat digunakan.

 

Pilihan Karier yang Menunggumu

a.    SEO/SEM Specialist

b.    Social Media Specialist

c.     Digital strategist

d.    Content Marketing

e.    Performance Marketing

f.      Media Planner

 

LEBIH CEPAT DAFTAR LEBIH MURAH!!!!!

 

Kuota Kelas Hampir Penuh! Kuota kelas terbatas untuk sesi pembelajaran yang berkualitas. Amankan kursimu sekarang!
kelas dimulai 7 September 2022

 

Siap Memulai Karier sebagai Digital Marketer?

Daftar Sekarang!

 


Tips Menjadi Social Media Specialist

 

Apa itu Social Media Specialist?

Sederhananya, seorang Social Media Specialist punya tanggung jawab dan kendali untuk mengurus isi jejaring sosial milik perusahaan. Namun, pekerjaan mereka nggak sesederhana meng-upload foto dan menambahkan caption di dalamnya. Setiap pekerjaan dan konten yang dibuat oleh seorang SMS sebelumnya harus direncanakan secara matang dan strategis. Mulai dari membuat content plan, penempatan konten berbeda untuk media sosial yang berbeda, pemilihan visual, kata-kata dan hashtag yang tepat, sampai menentukan waktu publikasi agar konten bisa menjangkau target yang sebesar-besarnya dan efektif memberi pengaruh yang diinginkan.

Selain itu seorang SMS juga harus memikirkan bagaimana cara membuat brand awareness, dan meningkatkan engagement di media sosial. Dalam praktek kerjanya, Social Media Specialist akan melakukan berkoordinasi dengan tim digital marketing untuk menentukan strategi media sosial yang tepat. Pekerjaan Social Media Specialist berada pada pengawasan Social Media Manager. Mereka akan me-review dan memberi masukan sebelum konten ditayangkan serta mengevaluasi hasil yang sudah dilakukan SMS.

Seiring perkembangannya, Social Media Specialist nggak cuma dibutuhkan oleh perusahaan/organisasi aja, melainkan juga individu, terutama kalangan public figure seperti politisi dan selebritis. Mereka berusaha membangun citra dan popularitas publik, karena keduanya dianggap sebagai kunci kesuksesan dan pertahanan karir. Oleh karena itu, peran Social Media Specialist dalam memposisikan dan memanipulasi citra sang klien di hadapan warga net sangat dibutuhkan.

 

Ragam Tugas Social Media Specialist

Tanggung jawab sehari-hari Social Media Specialist beragam dari mengamati tren media sosial sampai membuat event dan kuis untuk menarik lebih banyak pelanggan, atau tergantung kebutuhan perusahaan.

Umumnya, ada beberapa tugas yang menjadi tanggung jawab seorang SMS, diantaranya:

1.    Menganalisa dan mengevaluasi respon audiens di media sosial.

2.    Berinteraksi dengan audiens di media sosial.

3.    Membangun dan memperkuat identitas brand.

4.    Merencanakan strategi event

5.    Memelihara kredibilitas brand dan menjaga kepercayaan pelanggan.

6.    Membuat content plan media sosial yang sesuai dengan tujuan dan identitas brand.

7.    Membuat laporan perkembangan media sosial perusahaan.

8.    Mengikuti perkembangan tren media sosial.

9.    Memberikan arahan kepada tim desain terkait visual konten yang sudah dibuat.

 

Skill yang harus dimiliki Social Media Specialist

Buat kamu yang tertarik menggeluti profesi ini ada beberapa skill dasar yang wajib kamu kuasai dan kembangkan, diantaranya:

 

1.    Kemampuan beradaptasi dan mengikuti tren

Selalu ada hal baru yang terjadi di kehidupan masyarakat, terlebih di era internet sekarang ini segala informasi semakin cepat dan mudah didapat.

Sebagai Social Media Specialist kamu harus mengikuti setiap perkembangan informasi dan tren yang ada, bahkan sampai ke penggunaan tools, aplikasi, praktik dan teknologi untuk menunjang kebutuhan kerjamu. Kemampuan ini akan membantumu dalam menciptakan konten yang relevan.

 

2.    Pemahaman estetika visual

Istilah menyatakan “visual speaks louder” konten visual berbicara lebih banyak ke audiens dan cenderung lebih menarik perhatian. Pasalnya, materi beriklan nggak cukup dilakukan dengan kata-kata aja, tetapi juga membutuhkan presentasi visual yang mencuri perhatian di berbagai media. Karenanya, penting bagi seorang Social Media Specialist memiliki selera desain yang baik dan mampu menerjemahkannya menjadi konsep konten yang menarik.

Ada baiknya kamu menguasai tools desain seperti Photoshop, Corel Draw atau Adobe Ilustrator. Atau sekedar membuat konten sederhana dari Canva, Giphy atau Adobe Spark yang bisa membantumu dalam menghasilkan postingan yang menarik. Sering-seringlah melihat reverensi desain di Pinterest, Ads of The World, Kreavi dan platform desain sejenis.

  

3.    Kemampuan copywriting dan storytelling

Seorang Social Media Specialist  juga dianggap sebagai perantara pesan antara perusahaan ke audiens melalui media sosial. Untuk menyempurnakan tugasnya, kamu harus memiliki skill dalam menulis baik copywriting dan storytelling. 

Kemampuan ini digunakan bukan cuma untuk menciptakan caption atau bentuk komunikasi tertulis lainnya yang mampu menarik audiens untuk merespon, tetapi juga untuk menyesuaikan gaya bahasa dan penyampaian pesan yang tepat di berbagai platform media sosial. 

 

4.    Pengetahuan dasar SEO

Pengetahuan SEO akan sangat membantu Social Media Specialist dalam merancang strategi media sosial untuk membantu menarik audiens lebih besar dan menciptakan action yang diinginkan oleh perusahaan.

 

5.    Manajemen waktu yang baik

Tugas Social Media Specialist sangat beragam, seperti yang sudah dijelaskan di atas. Nggak menutup kemungkinan seorang Social Media Specialist mengurus lebih dari 1 akun brand dan belum lagi berbagai aset media sosial tiap brand-nya.

Tumpukan pekerjaan yang mengisi hari-hari seorang SMS membuatnya perlu menerapkan manajemen yang baik. Kamu harus pintar-pintar untuk membuat prioritas, pekerjaan mana yang harus didahulukan.

Bagaimana sudah siap menjadi Social Media Specialist Yang Profesional?

Belajar Social Media Specialist dengan 10 sesi intensif, 12 mini project, portofolio end to end dan bimbingan karier.

Chat sekarang dan dapatkan harga spesial untuk 10 pendaftar pertama!